PENJELASAN LENGKAP SEPUTAR PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. merupakan salah satu
perusahaan besar yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di
bidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971 dan
memiliki cabang hampir di semua daerah di Indonesia dengan mencanangkan suatu
komitmen untuk menghasilkan produk makanan olahan bermutu, aman, dan halal
untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis,
aman dan halal dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas Indofood untuk menjamin
mutu produk yang selalu prima. Indofood adalah perusahaan makanan perdana di
Indonesia, dan menguasai pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya,
termasuk mi instan, tepung terigu, berbagai merek minyak dan lemak nabati,
makanan bayi, serta makanan ringan. Indofood juga memproduksi produk bumbu
makanan.
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. (dulunya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo
Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT
Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) yang didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono
Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma, merupakan produsen berbagai jenis
makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini
kemudian diganti dengan nama Indofood pada tahun 1990.
Pada tahun 1982,
perusahaan ini meluncurkan merek Sarimi yang kemudian disusul dengan Indomie,
Supermi dan Pop Mie masing-masing pada tahun 1984, 1986 dan 1988 . Pada tahun
1990, Indofood merintis bisnis makanan ringan melalui anak perusahaannya
Seven-Up Nederland BVperusahaan afiliasi dari PepsiCo Inc, dengan peluncuran tiga
merek, Chitato, Chiki dan Jetz. Pada tahun 1992 dan 2005 merek Pepsico yang
Cheetos dan Lays diperkenalkan. Pada tahun 2007 merek Qtela diluncurkan untuk
menembus pasar makanan ringan tradisional. Di tahun 1991, bisnis bumbu makanan
mulai dari kecap, sambal dan bumbu instan mulai dijalani. Pada tahun 2005 PT
Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (NICI) didirikan sebagai perusahaan patungan
50% milik Nestlé SA dengan, dengan tanggung jawab untuk pemasaran produk hanya
kuliner. Pada tahun 2007 Sirup Indofood ramah diperkenalkan ke pasar.
Bisnis biskuit
juga mulai dilakoni oleh Indofood sejak tahun 2005 dengan meluncurkan dua
merek; Trenz dan Wonderland. Pada tahun 2011, Bim Bim merek diluncurkan
untuk menembus pasar anak-anak. Indofood juga memiliki produk susu setelah
akuisisinya dengan Drayton Pte. Ltd, pemilik 68,57% saham PT Indolakto, pemain
terbesar kedua di pasar. Merek andalannya, Indomilk, telah hadir di Indonesia
selama lebih dari empat dekade.
PT Indofood Sukses
Makmur Tbk berkedudukan di Jakarta dan didirikan nama PT Panganjaya Intikusuma
berdasarkan akta pendirian No. 228, tanggal 14 Agustus 1990. Perusahaan ini
berkantor pusat di Plaza Sudirman yang berada di Jl. Jendral Sudirman Kav.
76-78. Berdasarkan rapat umum pemegang saham, tanggal 5 Februari 1994,
perseroan mengubah namanya yang semula PT. Panganjaya Intikusuma menjadi PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk. Pada tahun 1994 tersebut PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan resmi menjadi perusahaan publik
4.1.2 Tujuan
Pendirian Perusahaan
Tujuan
didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah
1.
Memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang
usaha internal maupun pengembangan usaha strategis
2.
Mengurangi biaya transportasi
3.
Selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan
4.
Mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan
barang
5.
Berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan
peningkatan kesejahteraan masyarakat.
4.1.3 Visi dann Misi Perusahaan
4.1.3.1 Visi Perusahaan
Menjadi perusahaaan Total Food Solution
4.1.3.2 Misi Perusahaan
1.
Senaniatsa meningkatkan kompetensi karyawan, proses
produksi, dan teknologi
2.
Menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan
harga terjangkau, yang merupakan pilihan pelanggan
3.
Memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik
maupun internasional
4.
Memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas hidup
bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang nutrisi
5.
Meningkatkan stakeholder value secara berkesinambungan
4.1.4
Struktur Organisasi
Gambar 4.2
Struktur Organisasi
Sumber: www.indofood.com
4.1.5
Pembagian Tugas
1) Dewan Komisaris
Tugas utama dewan komisaris adalah mengawasi direksi
dalam menjalankan kegiatan dan mengelola perusahaan. Sesuai dengan peraturan
yang berlaku, dewan komisaris memiliki sepuluh anggota dewan direksi yang
terdiri dari satu orang sebagai komisaris utama, enam anggota komisaris yang
terdiri dari satu orang sebagai komisaris utama, enam anggota komisaris dan
tiga anggota komisaris independent yang tidak terafiliasi dengan direksi dan
dewan komisaris atau pemegang saham pengendali.
2)
Dewan
Direksi
Dewan direksi terdiri dari satu orang direktur utama,
tiga orang wakil direktur utama dan enam orang direktur. Tugas utama dari
direksi adalah menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam mengelola
perusahaan, memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggung jawab terhadap
pengembangan perusahaan secara keseluruhan, menentukan kebijakan yang
dilaksanakan perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan.
3)
Komite Audit
Komite audit bertanggung jawab langsung kepada dewan
komisaris. Fungsi utama dari komite audit adalah membantu dewan komisaris untuk
menjalankan peran pengendalian yang mencakup hal-hal sebagai berikut:
a) memberikan
saran kepada dewan komisaris atas laporan dan hal-hal yang disampaikan direksi.
b) Mengidentifikasi
hal-hal yang harus ditindak lanjuti oleh dewan komisaris.
c) Melakukan
tugas-tugas yang diberikan dan yang terkait dengan peran dewan komisaris dalam
hal pengendalian.
4)
Sekretaris
Perusahaan
Sekretaris perusahaan berfungsi sebagai penghubung
antara perseroan dengan institusi pasar modal, para pemegang saham, dan
masyarakat. Sekretaris bertanggung jawab untuk memonitor kepatuhan terhadap
peraturan dan ketentuan pasar modal.
5)
Manajer
Umum (General Manager)
Manejer utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan
yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi
memimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana
kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan
produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu terjaga dan
dilaksanakan secara konsisten.
6)
Investor
Relations
Investor relation memiliki tujuan diantaranya adalah
menyediakan informasi bagi pasar modal sehingga harga saham perusahaan dapat
mencerminkan nilai perusahaan dan harapan atas pendapatan perusahaan di masa
datang. Selain itu Investor Relations berperan penting dalam memelihara
likuiditas saham perusahaan di pasar modal.
7)
Pengendalian
Internal dan Manajemen Resiko
Manajemen resiko menjadi bagian dari pengendalian
internal. Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko seperti dua sisi mata uang
yang sama. Manajemen Resiko berfokus pada identifikasi ancaman dan peluang,
sedangkan pengendalian internal dirancang untuk secara efektif melawan ancaman
dan memanfaatkan peluang tersebut.
8)
AuditInternal
Audit
Internal bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektifitas sistem pengendalian
internal Indofood, memastikan bahwa seluruh prosedur telah dilaksanakan sesuai
dengan ketentuan dan tepat waktu, serta memastikan reability informasi
operasional dan keuangan serta kepatuhan atas ketentuan dan kebijakan
Perseroan.
9)
Manajemen Korporasi
Setiap Manajer Korporasi memiliki
fungsinya masing masing sebagi pengelola kegiatan perseroan. Divisi korporasi
meliputi: Pengelola Keuangan, Controller, Korporasi Pembelian, Central
Pemasaran, Investor Relations dan Corporate Secretary, Corporate Human
Resource, Corporate Public Relations, Legal, Corporate Internal Audit, Research
and Development, dan Teknologi Informasi.
4.2
Hasil Penelitian
4.2.1
Analisis SWOT
4.2.1.1
Strength
1. Cita rasa khas Indonesia
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
berusaha untuk menghadirkan produk produk khas dalam negeri
2. Memiliki banyak anak perusahaan
Seperti yang tercantum pada website
resmi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu www.indofood.com indofood mempunyai
lebih dari 5 grup bisnis yaitu
a. Distribusi
b. Bogasari
c. Argibisnis
d. Budidaya dan olahan sayuran
3. Telah merambah pasar luar
negeri.
Produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
khususnya Indomie sudah banyak dikenal negara tetangga seperti Malaysia,
Singapura, Hongkong dan Taiwan dan
negara-negara dibagian Eropa, Afrika, Timur Tengah hingga Amerika.
Sebesar 8% produk ini sudah dikenal di negara tersebut.
4. Target pasar mencapai semua
kalangan.
Target pasar yang ditujukan oleh PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu semua kalangan
5. Memiliki satu grup tersendiri
yang menangani pendistribusian produk-produknya.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
mempunyai grup bisnis yang khusus mendistribusikan produknya yaitu PT.
Indomarco khusus mendistribusikan produk-produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
6. Kondisi keuangan yang membaik
dengan indikasi naiknya net income, total aset.
Dilihat dari Annual Report PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk bahwa setiap tahunnyaPT. Indofood Sukses Makmur Tbk
kondisi keuangan selalu meningkat
7. Memiliki banyak karyawan yang
berkualitas
Banyak penghargaan yang diraih oleh
para karyawan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu pembinaan tenaga kerja
wanita terbaik pada karyawan wanita
4.2.1.2
Weakness
1.
Terlalu
banyak brand yang dikeluarkan
Produk yang dikeluarkan PT. Indofood
Sukses Makmur Tbk terlalu banyak misalnya pada produk mie instan tidak hanya
memiliki satu merek saja yaitu sarimi, supermi dll.
2.
Mempunyai
harga sedikit mahal
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
menggunakan bahan baku yang berkualitas.
3.
Produk
memakai MSG.
Produk-produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memproduksi
4.
Ketersedian
bahan baku yang belum mencukupi khususnya produksi di luar negeri.
Bahan
baku yang didapat di oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk diluar negeri susah
dikarenakan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengekspor bahan baku.
4.2.1.3
Opportunity
1.
Pasar
domestik maupun luar negeri masih terbuka lebar.
Pesaing PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk yang diluar negeri masih sedikit.
2.
Naiknya
harga makanan pokok.
Apabila harga makanan pokok naik maka
makanan pengganti makanan pokok juga ikut naik.
3.
Pola
hidup masyarakat akan mie instant yang cukup tinggi.
Orang pada zaman sekarang lebih suka
dengan makanan yang cepat saji, simple, enak, dan instan.
4.
Melakukan
kerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis.
Memberikan kesempatan pada perusahaan
untuk dapat memperoleh bahan baku lebih mudah.
4.2.1.4
Threarth
1.
Adanya
kompetitor sejenis yang cukup banyak.
Banyak kompetitor yang menyerupai
produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk contohnya mie sedap, mie abc.
2.
Kemungkinan
adanya anti MSG dan zat bahaya lainnnya.
Apabila terdapat konsumen yang tidak
menyukai MSG maka hal tersebut mempengaruhi pembelian terhadap pembelian produk
yang berMSG.
3.
Adanya
substitusi untuk mie instant.
Saat orang bosan dengan mie instan
atau tidak tersedia mereka bisa mengganti makanan dengan roti.
4.
Ketatnya
persaingan yang dilakukan oleh pesaing dalam melakukan dalam pengiklanan maupun
inovasi.
Banyak kompetitor yang menyerupai
produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk contohnya mie sedap, mie abc pada
perusahaan yang memproduksi produk tersebut
selalu berinovasi dalam pengiklanan.
4.2.2
Matriks SWOT
Tabel 4.1 Hasil Matriks SWOT
Kekuatan : s
Daftar Kekuatan :
1. Cita rasa khas Indonesia
2. Target pasar mencapai semua kalangan
3. Memiliki pendistribusian
4. Memiliki banyak karyawan
|
Kelemahan = W
Daftar Kelemahan :
1. Terlalu banyak brand
2. Harga produk sedikit mahal
3. Produk ber MSG
4. Ketersediaan bahan baku belum mencukupi.
|
|
Peluang = O
Daftar Peluang:
1. Pasar terbuka lebar
2. Tingginya harga makanan pokok
3. Melakukan kerjasama antar perusahaan
4. Tingginya minat terhadap mie instan
|
Strategi S2+O1
Perusahaan menggunakan target pasar yang mencapai
semua kalangan untuk memaanfaatkan peluang pasar terbuka
S1+O1
Perusahaan menggunakan cita rasa khas Indonesia
untuk memanfaatkan peluang pasar yang terbuka lebar
S2+O3
Perusahaan mampu menggunakan target pasar mencapai semua kalangan dengan
melakukan kerjasama antar perusahaan
|
Strategi
W4+O4
Perusahaan harus mengatasi ketersediaan bahan baku
belum mencukupi dengan melakukan kerjasama antar perusahaan
W1+O1
Perusahaan harus mengurangi brand agar dapat
memanfaatkan peluang pasar terbuka lebar
W4+O3
Perusahaan harus mengatasi ketersediaan bahan baku
yang belum mencukupi dengan melakukan
kerja sama antar perusahaan
|
Ancaman = T
Daftar ancaman :
1. Banyaknya kompetitor
2. Adanya makan pengganti anti MSG
3. Adanya substitusi selain mie instan
4. Ketatnya persaingan yang dilakukan oleh pesaing
dalam melakukan pengiklanan maupun inovasi
|
Strategi S1+T3
Perusahaan harus memanfaatkan kekuatan cita rasa
khas Indonesia untuk menghindari adanya makanan pengganti selain mie instan
S1+T1
Perusahaan harus
memanfaatkan cita rasa khas Indonesia agar dapat menghindari banyaknya
kompetitor
S2+T4
Perusahaan harus memanfaatkan target pasar mencapai
semua kalangan agar dapat mengatasi ketatnya persaingan yang dilakukan oleh
pesaing dalam melakukan pengiklanan maupun inovasi
|
Strategi W3+T2
Perusahaan harus mengurangi produk berMSG agar bisa mengurangi ancaman terhadap adanya
makanan yang pengganti anti MSG
W1+T1
Perusahaan harus mengurangi brand agar dapat
mengatasi banyaknya kompetitor
W2+T1
Perusahaan harus
mengatasi harga produk sedikit mahal agar bisa menghadapi banyaknya
kompetitor
|
4.2.3
Analisis EFAS dan IFAS
4.2.3.1
FAKTOR
INTERNAL
Tabel 4.2 Hasil
Faktor Internal
NO
|
FAKTOR STRATEGIS
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
KEKUATAN ( STENGHT )
|
||||
1
|
Cita rasa khas
Indonesia
|
0.12
|
4
|
0.48
|
2
|
Telah merambah pasar
luar negeri
|
0.05
|
2
|
0.10
|
3
|
Target pasar
mencapai semua kalangan
|
0.11
|
4
|
0.44
|
4
|
Memiliki satu grup sendiri
yang menangani pendistribusian produk-produknya
|
0.09
|
4
|
0.36
|
5
|
Kondisi keuangan
yang membaik dengan indikasi banyaknya net income, total aset
|
0.05
|
2
|
0.10
|
6
|
Memiliki banyak
karyawan
|
0.08
|
3
|
0.24
|
NO
|
FAKTOR STRATEGIS
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
KELEMAHAN ( WEAKNESS )
|
||||
1
|
Terlalu
banyak brand yang digunakan
|
0.09
|
2
|
0.18
|
2
|
Mempunyai
harga yang sedikit mahal
|
0.13
|
3
|
0.39
|
3
|
Produk
memakai MSG
|
0.15
|
4
|
0.60
|
4
|
Ketersedian
bahan baku yang belum mencukupi khususnya produksi di luar negeri
|
0.13
|
3
|
0.39
|
TOTAL
|
1,00
|
3,28
|
4.2.3.2
FAKTOR EKSTERNAL
Tabel 4.3 Hasil
Faktor Eksternal
NO
|
FAKTOR
STRATEGIS
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
PELUANG ( OPPORTUNITY )
|
||||
1
|
Pasar domestik maupun luar negeri masih terbuka
lebar
|
0.06
|
2
|
0.12
|
2
|
Naiknya harga makanan pokok
|
0.15
|
4
|
0.60
|
3
|
Melakukan kerjasama dengan perusahaan yang memiliki
produk yang sejenis
|
0,09
|
3
|
0,27
|
4
|
Pola hidup masyarakat akan konsumsi mie instant yang
cukup tinggi
|
0.20
|
4
|
0.80
|
NO
|
FAKTOR
STRATEGIS
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
ANCAMAN ( THREAT )
|
||||
1
|
Adanya kompetitor sejenis yang cukup banyak
|
0.18
|
4
|
0.72
|
2
|
Kemungkinan adanya anti MSG dan zat bahaya lainnnya
|
0.09
|
2
|
0.18
|
3
|
Adanya substitusi untuk mie instant
|
0.12
|
3
|
0.36
|
4.
|
Ketatnya persaingan yang dilakukan
oleh pesaing dalam melakukan dalam pengiklanan maupun inovasi
|
0,10
|
2
|
0,20
|
TOTAL
|
1,00
|
3,25
|
4.2.3.3
Diagram Cartesius
Untuk mengetahui letak kuadrandari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Total Kekuatan :
1,72
Total Kelemahan :
1,56
Total Peluang :
1,79
Total Ancaman :
1,46
Rumus :
Faktor Internal =
Atau
Faktor Eksternal =
Maka sudah diketahui
Faktor Internal : 0,08
Faktor Eksternal : 0,17
PT
Indofood Sukses Makmur Tbk terdapaat Posisi kuadran I menandakan bahwa PT
Indofood Sukses Makmur Tbk yang kuat dan berpeluang, Rekomendasi strategi
yang diberikan adalah Progresif, artinya organisasi dalam kondisi prima dan
mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar
pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Maka yang dilakukan PT
Indofood Sukses Makmur Tbk menerapkan Strategi Penetrasi Pasaryaitu berusaha
untuk meningkatkan pangsa pasar yaitu dengan cara menambah biaya advertising ,
menawakna promosi penjualan ekstensif.
4.2.4
Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning
4.2.4.1
Segmentasi
1. Geografi
Tabel 4.3 Hasil Segmentasi
Geografi
Segmen Geografi
|
Produk
|
Pegunungan
|
Semua produk PT
Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Datarann Rendah
|
Semua produk PT
Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Kebanyakan produk-produk yang diproduksi oleh PT Indofood
Sukses Makmur Tbk seperti mie instant, diary, makanan ringan cocok untuk
seluruh daerah di Indonesia.,Warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar
negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang
praktis dan sesuai dengan selera Indonesia.karena produk PT Indofood Sukses
Makmur Tbk sesuai untuk daerah dataran
tinggi maupun rendah. Bahkan ada beberapa produknya yang sudah memiliki pasar
di luar negeri yaitu mie instant dengan merek indomie, artinya produk mie
tersebut cocok bagi segala keadaan geografi, dan banyak dikomsumsi semua kalangan
baik dikalangan bawah dan menengah.
2. Demografis
Tabel 4.4 Hasil Segmentasi Geografi
Segmen Demografi
|
|
Produk
|
Usia
|
Balita
|
Makanan nutrisi untuk bayi yaitu promina dan sun
|
Anak-Anak
|
Dairy dan mie instant yaitu indomilk kids, milkuat, indoeskrim. Untuk
produk mie instant yaitu indomie noodle
|
|
Remaja
|
Makanan ringan yaitu lays, chitato, Qtela, cheetos, jets. Dairy yaitu
indomilk, indo eskrim, susu cap enak.
Minuman yaitu ichi ocha, pepsi
Mie Instant yaitu Indomie, sarimi
|
|
Dewasa
|
Tepung terigu yaitu kunci biru, dan segitiga biru.
Mie instant yaitu indomie
Minyak dan lemak nabati yaitu palmia, bimoli.
|
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk kecuali
bumbu dapur, tepung terigu, serta minyak dan lemak nabati
|
Perempuan
|
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Pada produk makan nutrisi lebih cocok dikonsumsi oleh balita membutuhkan kepraktisan dalam membuat makan
untuk bayi lebih nutrisi. Untuk produk dairy, makanan ringan, tepung terigu,
minyak dan lemak nabati, bumbu masakan, serta mie instant lebih cocok
dikonsumsi oleh Anak-anak sampai dengan dewasa produk PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk sangat sesuai dengan kebutuhan rumah tangga maupun yang belum
berumah tangga (anak-anak kos) yang tidak memiliki ciri khusus ditujukan
bagi masyarakat yang memiliki gaya hidup praktis. Produk PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk juag ditujukan oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan.
4.2.4.2
Targeting
Tabel 4.5 Hasil Targeting
Target
|
Produk
|
Atas
|
Semua produk yang
diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Menengah
|
Semua produk yang
diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Bawah
|
Semua produk yang
diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
|
Target pasar dari produk yang diprduksi oleh PT
Indofood Sukses Makmur Tbk adalah lebih semua kalangan pada industri mie
instan, dairy maupun makanan ringan. Target mereka pada umumnya adalah
masyarakat menegah dan bawah.
4.2.4.3 Positioning
Mie instan indomie adalahmerek produk mi instan yang
sangat populer di Negara Indonesia dan Nigeria. Indomie
sebagai salah satu dari segelintir produk asli Indonesia yang
mampu menembus pasar internasional disini memposisikan diri sebagai market leader dengan simbol “Indomie
Seleraku”.
4.2.5
Analisis
Bauran Pemasaran
4.2.5.1
Product
Brand name yang digunakan pada produk mie instant
adalah Indomie, sarimi, dan supermie. Satu bungkus Indomie standar memiliki
massa 85gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan,
yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng.
Mie Instant juga tersedia dalam
versi jumbo dengan massa 120 gram. Mie Instant memiliki rasa yang sesuai
dengan selera orang Indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan
konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi
produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi
rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium,
serta mie jumbo.
Brand name yang digunakan pada produk dairy yaitu
indomilk dan cap enak. Satu kotak susu indo milk memiliki ukuran yang berbeda
beda dari yang 125 ml, 190 ml, 250 ml sampai 1 lt. Produk diary pada susu
kental manis juga tersedia dalam bentuk sachet yang satu sachet memiliki berat
40 gr jika 1 pack berisi 6 sachet susu indomilk. Bentuk kaleng dimana 1 kaleng
memiliki berat 370 gr.
Brand name yang digunakan pada produk tepung
terigu yaitu Kunci biru, segitiga biru, dan cakra kembar 1 pack memiliki berat
1 kg. 1 kardus tepung terigu berisi sebanyak 12 pcs.
Band name yang digunakan pada produk minyak dan
lemak nabati yaitu Bimoli, Palmia yang 1 pcs memiliki berat sebesat 1 lt dan 2
lt. 1 kardus minyak berisi 12 pcs
Brand name yang digunakan pada produk makanan ringan
yaitu Chitato, Lays memiliki ukran yang berbeda beda yaitu 25 gr, 68 gr. Dengan memiliki berbagai macam aneka
rasa seperi rumput laut, sapi panggang. produk makan ringan juga tersedia dalam
bentuk gelas plastik yang memiliki berat 40 gr. 1 kardus produk makanan ringan
berisi 30 bungkus.
Brand name yang di gunakan pada produk penyedap
makanan yaitu racik, saus indofood. 1 sachet bumbu masakan memiliki berat
sebesar 25 gr sedangkan pada 1 botol saus memiliki berat 135 ml. Sedangkan
penyedap minuman memiliki brand name
indofood memiliki berat 500 ml dengan mempunyai ankea rasa seperti, cocopandan,
melon, strawberry.
Brand name yang digunakan pada
produk makan nutrisi yaitu Sun dan Promina dimana pada setiap 1 kardus kecil
memiliki berat 100 gr, 120 gr. Apabila produk tersebut berbentuk biskuit 1
kardus berisi 12 buah biskuit.
4.2.5.2
Price
Pada produk mie instant selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga
dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie.
Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat
di Indonesia, perbungkus mie instant dihargai hanya
sekitar Rp. 2.500,-.
Pada produk dairy dapat dibeli per
sachet maupun 1 bungkus yang berisi 6 sachet dan per kaleng. Harga produk PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki harga yang sangat terjangkau bagi semua
kalangan, harga per sachetnya adalah Rp. 1.500,- dan pada kaleng 1 memiliki
harga Rp. 9.000,-
Pada produk tepung terigu 1 bungkus
berisi 1 kg. Harga tersebut memiliki harga senilai Rp. 9.000,- perbungkus.
Tepung terigua dapat dibeli dengan paket 1 kardus dimana setiap 1 kardus berisi
12 bungkus tepung terigu.
Pada produk penyedap makanan 1 sachet
berisi 25 gr Rp. 2.500,-. Pada produk saus indofood 1 botol dengan berat 135 ml
memiliki harga Rp. 7.500,- pada penyedap minuman yairu sirup dengan kuantitas
500 ml memiliki harga Rp. 18.000,-. Untuk pembelian dapat dilakukan dengan per
paket yaitu dengan 1 paket berupa 1 kardus dengan isi 12 botol, sachetrmaupun
bungkus
4.2.5.3
Place
Group Distribusi Indofood memiliki
jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap
sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin di perbanyak secara
agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih
luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada
area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar
tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis
dalam waktu yang sesingkat mungkin. Jenis Saluran Distribusi Mie Instant
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk:
ProdusenWholesalerRetailerKonsumen
Karena, produk mie
instant tahan lama dan tidak mudah rusak sehingga produk INDOMIE tidak ada
masalah jika menggunakan saluran distribusi yang panjang. Jadi dari produsen
menyalurkan ke wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya
dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai
ke tangan konsumen.
4.2.5.4
Promotion
Promosi yang dilakukan PT Indofood
Sukses Makmur Tbk yaitu dengan menggunakan iklan baik melalui media elektronik
atau media tulis. Slogan (Tagline)
yang di gunakan pada tiap produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk :
1.
Indomie Seleraku untuk produk mie instant
2.
Kesegaran Susu Asli untuk tagline produk dairy
3.
Kesempurnaan Minyak Goreng Asli untuk tagline
produk minyak goreng
4.
Terigu
Istimewa Hasil Sempurna Pasti Bogasari untuk tagline produk tepung terigu
5.
Life is
Never Flat untuk tagline produk makanan ringan
6.
Gizi
seimbang, Tumbuh Cemerlang tagline untuk produk makanan nutrisi
Warung
indomie adalah salah satu channel Indofood yang dibangun dan dikembangkan
sekian lama. Indofood mengajarkan para pengelola warungmembuat Indomie,
mensupport warung-warung mereka dengtan spanduk, sekaligus memonitor
ketersediaan produk Indomie di daerah Jogja.
Iklan
yang digunakan oleh PT indofood Sukses Makmur Tbk yaitu melalu iklan yaitu
dengan sponsor pada acara masak masak yang ada di MNC TV dengan mengadakan kuis
di setiap celah acara tersebut yaitu pada produk penyedap makanan, acara
masterchef yang ada di RCTI dimana
setiap bahan baku yang digunakan untuk lomba memasak berasal dari produk PT
Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu tepung terigu. Iklan yang digunakan juga
melalui media elektronik yaitu televisi. Dan memasang spanduk pada setiap
warung ataupun mini market.
4.2.6
Customer
Relationship Management PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Konsumen merupakan pemangku kepentingan utama bagi PT
Indofood Sukses Makmur Tbk. PT Indofood Sukses Makmur Tbk berupaya membangun
kepuasan dan pengalaman konsumen melalui produk bermutu dan layanan yang dapat
diandalkan, serta dengan mendengarkan masukan dari para konsumen.
Grup
Bogasari dan Grup CBP telah menerapkan Bogasari Customer Service dan Layanan
Konsumen Indofood. Pada tahun 2014 , Layanan Konsumen Indofood menrima sebanyak 1 juta sambungan telepon dan
12.800 surat elektronik, sebagian besar berupa permintaan informasi mengenai
produk. Selain itu, PT Indofood Sukses
Makmur Tbk juga menerapkan Komunitas Mie yang bertujuan untuk memberikan
gambaran bagi pihak PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Tentang kebutuhan keinginan
pelanngan terhadap produk dan layanan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBisakah sy memasok botol yg dari indofood
BalasHapusBisakah sy memasok botol yg dari indofood
BalasHapusalasan pt indofood tbk bisa menjadi perusahaan multinasional kenapa ?
BalasHapusLAYANAN JASA NON LITIGASI
BalasHapusHUB: 085333070765.
Jasa paralegal juga memberikan jasa riset di bidang hukum,legal drafting dan legal review dalam mempersiapkan kontrak bisnis atau perjanjian.
BalasHapusTeam kami berkomitmen membantu anda untuk mencapai kepuasan klien.
Hub: 085333070765..
LAYANAN JASA NON LITIGASI.
BalasHapusHUB: 085333070765.