PENJELASAN LENGKAP SEPUTAR PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK





PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971 dan memiliki cabang hampir di semua daerah di Indonesia dengan mencanangkan suatu komitmen untuk menghasilkan produk makanan olahan bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman dan halal dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas Indofood untuk menjamin mutu produk yang selalu prima. Indofood adalah perusahaan makanan perdana di Indonesia, dan menguasai pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya, termasuk mi instan, tepung terigu, berbagai merek minyak dan lemak nabati, makanan bayi, serta makanan ringan. Indofood juga memproduksi produk bumbu makanan.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dulunya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) yang didirikan pada tahun 1990 oleh  Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma, merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia.  Perusahaan ini kemudian diganti dengan nama Indofood pada tahun 1990. 
Pada tahun 1982, perusahaan ini meluncurkan merek Sarimi yang kemudian disusul dengan Indomie, Supermi dan Pop Mie masing-masing pada tahun 1984, 1986 dan 1988 . Pada tahun 1990, Indofood merintis bisnis makanan ringan melalui anak perusahaannya Seven-Up Nederland BVperusahaan afiliasi dari PepsiCo Inc, dengan peluncuran tiga merek, Chitato, Chiki dan Jetz. Pada tahun 1992 dan 2005 merek Pepsico yang Cheetos dan Lays diperkenalkan. Pada tahun 2007 merek Qtela diluncurkan untuk menembus pasar makanan ringan tradisional. Di tahun 1991, bisnis bumbu makanan mulai dari kecap, sambal dan bumbu instan mulai dijalani. Pada tahun 2005 PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (NICI) didirikan sebagai perusahaan patungan 50% milik Nestlé SA dengan, dengan tanggung jawab untuk pemasaran produk hanya kuliner. Pada tahun 2007 Sirup Indofood ramah diperkenalkan ke pasar.
Bisnis biskuit juga mulai dilakoni oleh Indofood sejak tahun 2005 dengan meluncurkan dua merek; Trenz dan Wonderland. Pada tahun  2011, Bim Bim merek diluncurkan untuk menembus pasar anak-anak. Indofood juga memiliki produk susu setelah akuisisinya dengan Drayton Pte. Ltd, pemilik 68,57% saham PT Indolakto, pemain terbesar kedua di pasar. Merek andalannya, Indomilk, telah hadir di Indonesia selama lebih dari empat dekade.
PT Indofood Sukses Makmur Tbk berkedudukan di Jakarta dan didirikan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan akta pendirian No. 228, tanggal 14 Agustus 1990. Perusahaan ini berkantor pusat di Plaza Sudirman yang berada di Jl. Jendral Sudirman Kav. 76-78. Berdasarkan rapat umum pemegang saham, tanggal 5 Februari 1994, perseroan mengubah namanya yang semula PT. Panganjaya Intikusuma menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Pada tahun 1994 tersebut PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan resmi menjadi perusahaan publik
4.1.2   Tujuan Pendirian Perusahaan
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah
1.        Memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis
2.        Mengurangi biaya transportasi
3.        Selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan
4.        Mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang
5.        Berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
4.1.3   Visi dann Misi Perusahaan
4.1.3.1  Visi Perusahaan
Menjadi perusahaaan Total Food Solution
4.1.3.2  Misi Perusahaan
1.        Senaniatsa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi
2.        Menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif dengan harga terjangkau, yang merupakan pilihan pelanggan
3.        Memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik maupun internasional
4.        Memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang nutrisi
5.        Meningkatkan stakeholder value secara berkesinambungan





4.1.4        Struktur Organisasi














Gambar 4.2  Struktur Organisasi
Sumber: www.indofood.com
4.1.5        Pembagian Tugas
1)   Dewan Komisaris
Tugas utama dewan komisaris adalah mengawasi direksi dalam menjalankan kegiatan dan mengelola perusahaan. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, dewan komisaris memiliki sepuluh anggota dewan direksi yang terdiri dari satu orang sebagai komisaris utama, enam anggota komisaris yang terdiri dari satu orang sebagai komisaris utama, enam anggota komisaris dan tiga anggota komisaris independent yang tidak terafiliasi dengan direksi dan dewan komisaris atau pemegang saham pengendali.
2)   Dewan Direksi
Dewan direksi terdiri dari satu orang direktur utama, tiga orang wakil direktur utama dan enam orang direktur. Tugas utama dari direksi adalah menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam mengelola perusahaan, memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggung jawab terhadap pengembangan perusahaan secara keseluruhan, menentukan kebijakan yang dilaksanakan perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan.
3)   Komite Audit
Komite audit bertanggung jawab langsung kepada dewan komisaris. Fungsi utama dari komite audit adalah membantu dewan komisaris untuk menjalankan peran pengendalian yang mencakup hal-hal sebagai berikut:
a)   memberikan saran kepada dewan komisaris atas laporan dan hal-hal yang disampaikan direksi.
b)   Mengidentifikasi hal-hal yang harus ditindak lanjuti oleh dewan komisaris.
c)    Melakukan tugas-tugas yang diberikan dan yang terkait dengan peran dewan komisaris dalam hal pengendalian.
4)   Sekretaris Perusahaan
Sekretaris perusahaan berfungsi sebagai penghubung antara perseroan dengan institusi pasar modal, para pemegang saham, dan masyarakat. Sekretaris bertanggung jawab untuk memonitor kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan pasar modal.
5)   Manajer Umum (General Manager)
Manejer utama mempunyai wewenang tertinggi perusahaan yang bertanggung jawab atas berlangsungnya segala kegiatan perusahaan meliputi memimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam menghasilkan produk-produk berkualitas dengan jaminan sistem mutu yang selalu terjaga dan dilaksanakan secara konsisten.
6)   Investor Relations
Investor relation memiliki tujuan diantaranya adalah menyediakan informasi bagi pasar modal sehingga harga saham perusahaan dapat mencerminkan nilai perusahaan dan harapan atas pendapatan perusahaan di masa datang. Selain itu Investor Relations berperan penting dalam memelihara likuiditas saham perusahaan di pasar modal.
7)      Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko
Manajemen resiko menjadi bagian dari pengendalian internal. Pengendalian Internal dan Manajemen Resiko seperti dua sisi mata uang yang sama. Manajemen Resiko berfokus pada identifikasi ancaman dan peluang, sedangkan pengendalian internal dirancang untuk secara efektif melawan ancaman dan memanfaatkan peluang tersebut.
8)      AuditInternal
Audit Internal bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektifitas sistem pengendalian internal Indofood, memastikan bahwa seluruh prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu, serta memastikan reability informasi operasional dan keuangan serta kepatuhan atas ketentuan dan kebijakan Perseroan.
9)      Manajemen Korporasi
Setiap Manajer Korporasi memiliki fungsinya masing masing sebagi pengelola kegiatan perseroan. Divisi korporasi meliputi: Pengelola Keuangan, Controller, Korporasi Pembelian, Central Pemasaran, Investor Relations dan Corporate Secretary, Corporate Human Resource, Corporate Public Relations, Legal, Corporate Internal Audit, Research and Development, dan Teknologi Informasi.
4.2    Hasil Penelitian
4.2.1   Analisis SWOT
4.2.1.1  Strength
1.      Cita rasa khas Indonesia
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk berusaha untuk menghadirkan produk produk khas dalam negeri
2.      Memiliki banyak anak perusahaan
Seperti yang tercantum pada website resmi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu www.indofood.com indofood mempunyai lebih dari  5 grup bisnis yaitu
a.      Distribusi
b.      Bogasari
c.       Argibisnis
d.      Budidaya dan olahan sayuran
3.       Telah merambah pasar luar negeri.
Produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk khususnya Indomie sudah banyak dikenal negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan Taiwan dan  negara-negara dibagian Eropa, Afrika, Timur Tengah hingga Amerika. Sebesar 8% produk ini sudah dikenal di negara tersebut.
4.       Target pasar mencapai semua kalangan.
Target pasar yang ditujukan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu semua kalangan
5.       Memiliki satu grup tersendiri yang menangani pendistribusian produk-produknya.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk mempunyai grup bisnis yang khusus mendistribusikan produknya yaitu PT. Indomarco khusus mendistribusikan produk-produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
6.       Kondisi keuangan yang membaik dengan indikasi naiknya net income, total aset.
Dilihat dari Annual Report PT. Indofood Sukses Makmur Tbk bahwa setiap tahunnyaPT. Indofood Sukses Makmur Tbk kondisi keuangan selalu meningkat
7.      Memiliki banyak karyawan yang berkualitas
Banyak penghargaan yang diraih oleh para karyawan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu pembinaan tenaga kerja wanita terbaik pada karyawan wanita
4.2.1.2       Weakness
1.         Terlalu banyak brand yang dikeluarkan
Produk yang dikeluarkan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terlalu banyak misalnya pada produk mie instan tidak hanya memiliki satu merek saja yaitu sarimi, supermi dll.
2.         Mempunyai harga sedikit mahal
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk menggunakan bahan baku yang berkualitas.
3.         Produk memakai MSG.
Produk-produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memproduksi
4.         Ketersedian bahan baku yang belum mencukupi khususnya produksi di luar negeri.
   Bahan baku yang didapat di oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk diluar negeri susah dikarenakan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengekspor bahan baku.
4.2.1.3       Opportunity
1.         Pasar domestik maupun luar negeri masih terbuka lebar.
Pesaing PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang diluar negeri masih sedikit.
2.         Naiknya harga makanan pokok.
Apabila harga makanan pokok naik maka makanan pengganti makanan pokok juga ikut naik.
3.         Pola hidup masyarakat akan mie instant yang cukup tinggi.
Orang pada zaman sekarang lebih suka dengan makanan yang cepat saji, simple, enak, dan instan.
4.         Melakukan kerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis.
Memberikan kesempatan pada perusahaan untuk dapat memperoleh bahan baku lebih mudah.
4.2.1.4       Threarth
1.         Adanya kompetitor sejenis yang cukup banyak.
Banyak kompetitor yang menyerupai produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk contohnya mie sedap, mie abc.
2.         Kemungkinan adanya anti MSG dan zat bahaya lainnnya.
Apabila terdapat konsumen yang tidak menyukai MSG maka hal tersebut mempengaruhi pembelian terhadap pembelian produk yang berMSG.
3.         Adanya substitusi untuk mie instant.
Saat orang bosan dengan mie instan atau tidak tersedia mereka bisa mengganti makanan dengan roti.
4.         Ketatnya persaingan yang dilakukan oleh pesaing dalam melakukan dalam pengiklanan maupun inovasi.
Banyak kompetitor yang menyerupai produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk contohnya mie sedap, mie abc pada perusahaan yang memproduksi produk tersebut  selalu berinovasi dalam pengiklanan.



4.2.2        Matriks SWOT
Tabel 4.1 Hasil Matriks SWOT

Kekuatan : s
Daftar Kekuatan :
1.      Cita rasa khas Indonesia
2.      Target pasar mencapai semua kalangan
3.      Memiliki pendistribusian
4.      Memiliki banyak karyawan
Kelemahan = W
Daftar Kelemahan :
1.      Terlalu banyak brand
2.      Harga produk sedikit mahal
3.      Produk ber MSG
4.      Ketersediaan bahan baku belum mencukupi.
Peluang = O
Daftar Peluang:
1.      Pasar terbuka lebar
2.      Tingginya harga makanan pokok
3.      Melakukan kerjasama antar perusahaan
4.      Tingginya minat terhadap mie instan
Strategi S2+O1
Perusahaan menggunakan target pasar yang mencapai semua kalangan untuk memaanfaatkan peluang pasar terbuka
S1+O1
Perusahaan menggunakan cita rasa khas Indonesia untuk memanfaatkan peluang pasar yang terbuka lebar
S2+O3
Perusahaan mampu menggunakan target  pasar mencapai semua kalangan dengan melakukan kerjasama antar perusahaan
Strategi  W4+O4
Perusahaan harus mengatasi ketersediaan bahan baku belum mencukupi dengan melakukan kerjasama antar perusahaan
W1+O1
Perusahaan harus mengurangi brand agar dapat memanfaatkan peluang pasar terbuka lebar
W4+O3
Perusahaan harus mengatasi ketersediaan bahan baku yang belum  mencukupi dengan melakukan kerja sama antar perusahaan
Ancaman = T
Daftar ancaman :
1.      Banyaknya kompetitor
2.      Adanya makan pengganti anti MSG
3.      Adanya substitusi selain mie instan
4.      Ketatnya persaingan yang dilakukan oleh pesaing dalam melakukan pengiklanan maupun inovasi
Strategi S1+T3
Perusahaan harus memanfaatkan kekuatan cita rasa khas Indonesia untuk menghindari adanya makanan pengganti selain mie instan
S1+T1
Perusahaan harus  memanfaatkan cita rasa khas Indonesia agar dapat menghindari banyaknya kompetitor
S2+T4
Perusahaan harus memanfaatkan target pasar mencapai semua kalangan agar dapat mengatasi ketatnya persaingan yang dilakukan oleh pesaing dalam melakukan pengiklanan maupun inovasi
Strategi W3+T2
Perusahaan harus mengurangi produk berMSG agar  bisa mengurangi ancaman terhadap adanya makanan yang pengganti anti MSG
W1+T1
Perusahaan harus mengurangi brand agar dapat mengatasi banyaknya kompetitor
W2+T1
Perusahaan harus  mengatasi harga produk sedikit mahal agar bisa menghadapi banyaknya kompetitor

4.2.3   Analisis EFAS dan IFAS
4.2.3.1  FAKTOR INTERNAL
Tabel 4.2 Hasil Faktor Internal
NO
FAKTOR STRATEGIS
BOBOT
RATING
SKOR
KEKUATAN ( STENGHT )
1
Cita rasa khas Indonesia
0.12
4
0.48
2
Telah merambah pasar luar negeri
0.05
2
0.10
3
Target pasar mencapai semua kalangan
0.11
4
0.44
4
Memiliki satu grup sendiri yang menangani pendistribusian produk-produknya
0.09
4
0.36
5
Kondisi keuangan yang membaik dengan indikasi banyaknya net income, total aset
0.05
2
0.10
6
Memiliki banyak karyawan
0.08
3
0.24

NO
FAKTOR STRATEGIS
BOBOT
RATING
SKOR
KELEMAHAN ( WEAKNESS )
1
Terlalu banyak brand yang digunakan
0.09
2
0.18
2
Mempunyai harga yang sedikit mahal
0.13
3
0.39
3
Produk memakai MSG
0.15
4
0.60
4
Ketersedian bahan baku yang belum mencukupi khususnya produksi di luar negeri
0.13
3
0.39
TOTAL
1,00
3,28

4.2.3.2       FAKTOR EKSTERNAL

Tabel  4.3 Hasil Faktor Eksternal
NO
FAKTOR STRATEGIS
BOBOT
RATING
SKOR
PELUANG ( OPPORTUNITY )
1
Pasar domestik maupun luar negeri masih terbuka lebar
0.06
2
0.12
2
Naiknya harga makanan pokok
0.15
4
0.60
3
Melakukan kerjasama dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
0,09
3
0,27
4
Pola hidup masyarakat akan konsumsi mie instant yang cukup tinggi
0.20
4
0.80

NO
FAKTOR STRATEGIS
BOBOT
RATING
SKOR
ANCAMAN ( THREAT )
1
Adanya kompetitor sejenis yang cukup banyak
0.18
4
0.72
2
Kemungkinan adanya anti MSG dan zat bahaya lainnnya
0.09
2
0.18
3
Adanya substitusi untuk mie instant
0.12
3
0.36
4.
Ketatnya persaingan yang dilakukan oleh pesaing dalam melakukan dalam pengiklanan maupun inovasi
0,10
2
0,20
TOTAL
1,00
3,25

4.2.3.3       Diagram Cartesius
Untuk mengetahui letak kuadrandari  PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Total Kekuatan       : 1,72
Total Kelemahan    : 1,56
Total Peluang         : 1,79
Total Ancaman       : 1,46
Rumus :
Faktor Internal =   
Atau
Faktor Eksternal =
Maka sudah diketahui
Faktor Internal       : 0,08
Faktor Eksternal     : 0,17

MATRIX SWOT.png
PT Indofood Sukses Makmur Tbk terdapaat Posisi kuadran I menandakan bahwa PT Indofood Sukses Makmur Tbk   yang kuat dan berpeluang, Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Progresif, artinya organisasi dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Maka yang dilakukan PT Indofood Sukses Makmur Tbk menerapkan Strategi Penetrasi Pasaryaitu berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar yaitu dengan cara menambah biaya advertising , menawakna promosi penjualan ekstensif.
4.2.4        Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning
4.2.4.1  Segmentasi
1.    Geografi
Tabel 4.3 Hasil Segmentasi Geografi
Segmen Geografi
Produk
Pegunungan
Semua produk PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Datarann Rendah

Semua produk PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Kebanyakan produk-produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk seperti mie instant, diary, makanan ringan  cocok untuk seluruh daerah di Indonesia.,Warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia.karena produk PT Indofood Sukses Makmur Tbk  sesuai untuk daerah dataran tinggi maupun rendah. Bahkan ada beberapa produknya yang sudah memiliki pasar di luar negeri yaitu mie instant dengan merek indomie, artinya produk mie tersebut cocok bagi segala keadaan geografi, dan banyak dikomsumsi semua kalangan baik dikalangan bawah dan menengah.



2.      Demografis
Tabel 4.4 Hasil Segmentasi Geografi
Segmen Demografi

Produk
Usia
Balita
Makanan nutrisi untuk bayi yaitu promina dan sun
Anak-Anak
Dairy dan mie instant yaitu indomilk kids, milkuat, indoeskrim. Untuk produk mie instant yaitu indomie noodle
Remaja
Makanan ringan yaitu lays, chitato, Qtela, cheetos, jets. Dairy yaitu indomilk, indo eskrim,  susu cap enak.
Minuman yaitu ichi ocha, pepsi
Mie Instant yaitu Indomie, sarimi
Dewasa
Tepung terigu yaitu kunci biru, dan segitiga biru.
Mie instant yaitu indomie
Minyak dan lemak nabati yaitu palmia, bimoli.
Jenis Kelamin

Laki-laki
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk kecuali bumbu dapur, tepung terigu, serta minyak dan lemak nabati
Perempuan
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Pada produk makan nutrisi lebih cocok dikonsumsi oleh balita  membutuhkan kepraktisan dalam membuat makan untuk bayi lebih nutrisi. Untuk produk dairy, makanan ringan, tepung terigu, minyak dan lemak nabati, bumbu masakan, serta mie instant lebih cocok dikonsumsi oleh Anak-anak sampai dengan dewasa produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sangat sesuai dengan kebutuhan rumah tangga maupun yang belum berumah tangga (anak-anak kos) yang tidak memiliki ciri khusus ditujukan bagi masyarakat yang memiliki gaya hidup praktis. Produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk juag ditujukan oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan.
4.2.4.2       Targeting
Tabel 4.5 Hasil Targeting
Target
Produk
Atas
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Menengah
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Bawah
Semua produk yang diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Target pasar dari produk yang diprduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk  adalah lebih semua kalangan pada industri mie instan, dairy maupun makanan ringan. Target mereka pada umumnya adalah masyarakat menegah dan bawah.
4.2.4.3       Positioning
Mie instan indomie adalahmerek produk mi instan yang sangat populer di Negara Indonesia dan Nigeria.  Indomie sebagai salah satu dari segelintir produk asli Indonesia yang mampu menembus pasar internasional disini memposisikan diri sebagai market leader dengan simbol “Indomie Seleraku”.
4.2.5   Analisis Bauran Pemasaran
4.2.5.1  Product
Brand name yang digunakan pada produk mie instant adalah Indomie, sarimi, dan supermie. Satu bungkus Indomie standar memiliki massa 85gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Mie Instant  juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram. Mie Instant memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.
Brand name yang digunakan pada produk dairy yaitu indomilk dan cap enak. Satu kotak susu indo milk memiliki ukuran yang berbeda beda dari yang 125 ml, 190 ml, 250 ml sampai 1 lt. Produk diary pada susu kental manis juga tersedia dalam bentuk sachet yang satu sachet memiliki berat 40 gr jika 1 pack berisi 6 sachet susu indomilk. Bentuk kaleng dimana 1 kaleng memiliki berat 370 gr.
Brand name yang digunakan pada produk tepung terigu yaitu Kunci biru, segitiga biru, dan cakra kembar 1 pack memiliki berat 1 kg. 1 kardus tepung terigu berisi sebanyak 12 pcs.
Band name yang digunakan pada produk minyak dan lemak nabati yaitu Bimoli, Palmia yang 1 pcs memiliki berat sebesat 1 lt dan 2 lt. 1 kardus minyak berisi 12 pcs
Brand name  yang digunakan pada produk makanan ringan yaitu Chitato, Lays memiliki ukran yang berbeda beda yaitu 25 gr,  68 gr. Dengan memiliki berbagai macam aneka rasa seperi rumput laut, sapi panggang. produk makan ringan juga tersedia dalam bentuk gelas plastik yang memiliki berat 40 gr. 1 kardus produk makanan ringan berisi 30 bungkus.
Brand name yang di gunakan pada produk penyedap makanan yaitu racik, saus indofood. 1 sachet bumbu masakan memiliki berat sebesar 25 gr sedangkan pada 1 botol saus memiliki berat 135 ml. Sedangkan penyedap minuman memiliki brand name indofood memiliki berat 500 ml dengan mempunyai ankea rasa seperti, cocopandan, melon, strawberry.
Brand name yang digunakan pada produk makan nutrisi yaitu Sun dan Promina dimana pada setiap 1 kardus kecil memiliki berat 100 gr, 120 gr. Apabila produk tersebut berbentuk biskuit 1 kardus berisi 12 buah biskuit.

4.2.5.2  Price
Pada produk mie instant  selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat di Indonesia, perbungkus mie instant dihargai hanya sekitar Rp. 2.500,-.
Pada produk dairy dapat dibeli per sachet maupun 1 bungkus yang berisi 6 sachet dan per kaleng. Harga produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan, harga per sachetnya adalah Rp. 1.500,- dan pada kaleng 1 memiliki harga Rp. 9.000,-
Pada produk tepung terigu 1 bungkus berisi 1 kg. Harga tersebut memiliki harga senilai Rp. 9.000,- perbungkus. Tepung terigua dapat dibeli dengan paket 1 kardus dimana setiap 1 kardus berisi 12 bungkus tepung terigu.
Pada produk penyedap makanan 1 sachet berisi 25 gr Rp. 2.500,-. Pada produk saus indofood 1 botol dengan berat 135 ml memiliki harga Rp. 7.500,- pada penyedap minuman yairu sirup dengan kuantitas 500 ml memiliki harga Rp. 18.000,-. Untuk pembelian dapat dilakukan dengan per paket yaitu dengan 1 paket berupa 1 kardus dengan isi 12 botol, sachetrmaupun bungkus
4.2.5.3  Place
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin di perbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Jenis Saluran Distribusi Mie Instant PT. Indofood Sukses Makmur Tbk:
ProdusenWholesalerRetailerKonsumen
Karena, produk mie instant tahan lama dan tidak mudah rusak sehingga produk INDOMIE tidak ada masalah jika menggunakan saluran distribusi yang panjang. Jadi dari produsen menyalurkan ke wholesaler (pedagang besar) lalu disalurkan kembali (biasanya dibeli) retailer (pedagang pengecer) seperti warung- warung dan akhirnya sampai ke tangan konsumen.
4.2.5.4  Promotion
Promosi yang dilakukan PT Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu dengan menggunakan iklan baik melalui media elektronik atau media tulis. Slogan (Tagline) yang di gunakan pada tiap produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk :
1.       Indomie Seleraku untuk produk mie instant
2.       Kesegaran Susu Asli untuk tagline produk dairy
3.       Kesempurnaan Minyak Goreng Asli untuk tagline produk minyak goreng
4.      Terigu Istimewa Hasil Sempurna Pasti Bogasari untuk tagline produk tepung terigu
5.      Life is Never Flat untuk tagline produk makanan ringan
6.      Gizi seimbang, Tumbuh Cemerlang tagline untuk produk makanan nutrisi
Warung indomie adalah salah satu channel Indofood yang dibangun dan dikembangkan sekian lama. Indofood mengajarkan para pengelola warungmembuat Indomie, mensupport warung-warung mereka dengtan spanduk, sekaligus memonitor ketersediaan produk Indomie di daerah Jogja.
Iklan yang digunakan oleh PT indofood Sukses Makmur Tbk yaitu melalu iklan yaitu dengan sponsor pada acara masak masak yang ada di MNC TV dengan mengadakan kuis di setiap celah acara tersebut yaitu pada produk penyedap makanan, acara masterchef yang ada di RCTI  dimana setiap bahan baku yang digunakan untuk lomba memasak berasal dari produk PT Indofood Sukses Makmur Tbk yaitu tepung terigu. Iklan yang digunakan juga melalui media elektronik yaitu televisi. Dan memasang spanduk pada setiap warung ataupun mini market.
4.2.6        Customer Relationship Management PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Konsumen merupakan pemangku kepentingan utama bagi PT Indofood Sukses Makmur Tbk. PT Indofood Sukses Makmur Tbk berupaya membangun kepuasan dan pengalaman konsumen melalui produk bermutu dan layanan yang dapat diandalkan, serta dengan mendengarkan masukan dari para konsumen.
Grup Bogasari dan Grup CBP telah menerapkan Bogasari Customer Service dan Layanan Konsumen Indofood. Pada tahun 2014 , Layanan Konsumen Indofood  menrima sebanyak 1 juta sambungan telepon dan 12.800 surat elektronik, sebagian besar berupa permintaan informasi mengenai produk. Selain itu,  PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga menerapkan Komunitas Mie yang bertujuan untuk memberikan gambaran bagi pihak PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Tentang kebutuhan keinginan pelanngan terhadap produk dan layanan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bisakah sy memasok botol yg dari indofood

    BalasHapus
  3. Bisakah sy memasok botol yg dari indofood

    BalasHapus
  4. alasan pt indofood tbk bisa menjadi perusahaan multinasional kenapa ?

    BalasHapus
  5. LAYANAN JASA NON LITIGASI
    HUB: 085333070765.

    BalasHapus
  6. Jasa paralegal juga memberikan jasa riset di bidang hukum,legal drafting dan legal review dalam mempersiapkan kontrak bisnis atau perjanjian.
    Team kami berkomitmen membantu anda untuk mencapai kepuasan klien.
    Hub: 085333070765..

    BalasHapus
  7. LAYANAN JASA NON LITIGASI.
    HUB: 085333070765.

    BalasHapus

Posting Komentar