Profil Perusahaan PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk
(Sejarah
Perusahaan)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
(“ICBP”) merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan
terkemuka, dengan kegiatan usaha utama antara lain mi instan, dairy, makanan ringan,
penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Guna mendukung
kegiatan usaha utamanya, ICBP juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang
memproduksi baik kemasan fleksibel maupun karton.PT.
Indofood Sukses Makmur, Tbk. merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat
terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan
minuman yang didirikan pada tahun 1971 dan memiliki cabang hampir di semua
daerah di Indonesia dengan mencanangkan suatu komitmen untuk menghasilkan
produk makanan olahan bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek
kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman dan halal dikonsumsi
senantiasa menjadi prioritas Indofood untuk menjamin mutu produk yang selalu
prima. Indofood adalah perusahaan makanan perdana di Indonesia, dan menguasai
pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya, termasuk mi instan, tepung
terigu, berbagai merek minyak dan lemak nabati, makanan bayi, serta makanan
ringan. Indofood juga memproduksi produk bumbu makanan.PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk menawarkan
berbagai pilihan produk solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan
segmen pasar, melalui lebih dari 40 merek produk kami. Banyak di antara
merek-merek tersebut merupakan merek terkemuka dengan posisi pasar yang
signifikan di Indonesia, serta memperoleh kepercayaan dan loyalitas jutaan
konsumen selama bertahun-tahun.Dengan didukung oleh jaringan distribusi
yang ekstensif dari perusahaan induk, sebagian besar produk kami telah tersedia
di seluruh nusantara, dan kami juga dapat memenuhi permintaan pasar secara
tepat waktu dan lebih efisien.Kegiatan operasional yang dijalankan
oleh lebih dari 50 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia,
membantu kami untuk berada lebih dekat dengan permintaan dan dapat memastikan
kesegaran produk-produk kami di pasar.Selain itu, produk-produk kami juga
telah hadir di lebih dari 60 negara di dunia. PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. (dulunya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Gizindo Primanusantara, PT
Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi)
(IDX: ICBP) yang didirikan pada tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama
Panganjaya Intikusuma, merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman
yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini kemudian diganti
dengan nama Indofood pada tahun 1990. Indofood mengekspor bahan makanannya
hingga Australia, Asia, dan Eropa dan bertransformasi menjadi sebuah perusahaan
Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan
proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga
menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.Pada tahun 1982, perusahaan ini
meluncurkan merek Sarimi yang kemudian disusul dengan Indomie, Supermi dan Pop
Mie masing-masing pada tahun 1984, 1986 dan 1988 . Pada tahun 1990, Indofood
merintis bisnis makanan ringan melalui anak perusahaannya Seven-Up Nederland
BVperusahaan afiliasi dari PepsiCo Inc, dengan peluncuran tiga merek, Chitato, Chiki
dan Jetz. Pada tahun 1992 dan 2005 merek Pepsico yang Cheetos dan Lays
diperkenalkan. Pada tahun 2007 merek Qtela diluncurkan untuk menembus pasar
makanan ringan tradisional. Di tahun 1991, bisnis bumbu makanan mulai dari
kecap, sambal dan bumbu instan mulai dijalani. Pada tahun 2005 PT Nestlé
Indofood Citarasa Indonesia (NICI) didirikan sebagai perusahaan patungan 50%
milik Nestlé SA dengan, dengan tanggung jawab untuk pemasaran produk hanya
kuliner. Pada tahun 2007 Sirup Indofood ramah diperkenalkan ke pasar.Bisnis biskuit juga mulai dilakoni oleh
Indofood sejak tahun 2005 dengan meluncurkan dua merek; Trenz dan Wonderland.
Pada tahun 2011, Bim Bim merek diluncurkan untuk menembus pasar
anak-anak. Indofood juga memiliki produk susu setelah akuisisinya dengan
Drayton Pte. Ltd, pemilik 68,57% saham PT Indolakto, pemain terbesar kedua di
pasar. Merek andalannya, Indomilk, telah hadir di Indonesia selama lebih dari
empat dekade.Sebagai Perusahaan Perintis Makanan,
Indofood membawa misi untuk terus berinovasi, fokus pada kebutuhan konsumen,
memberikan merk besar dengan kinerja tak tertandingi, memberikan produk
berkualitas yang dicintai oleh konsumen, terus meningkatkan kualitas
kehidupan masyarakat Indonesia,memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat
dan lingkungan secara berkelanjutan, serta terus meningkatkan pendapatan
para pemegang saham.PT Indofood Sukses Makmur Tbk
berkedudukan di Jakarta dan didirikan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan
akta pendirian No. 228, tanggal 14 Agustus 1990. Perusahaan ini berkantor pusat
di Plaza Sudirman yang berada di Jl. Jendral Sudirman Kav. 76-78. Berdasarkan
rapat umum pemegang saham, tanggal 5 Februari 1994, perseroan ,engubah namanya
yang semula PT. Panganjaya Intikusuma menjadi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.
Pada tahun 1994 tersebut PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terdaftar di Bursa Efek
Jakarta dan resmi menjadi perusahaan publik.
- www.academia.edu/32143654/Analisa_PT_indofood
(Jurnal Analisis PT Indofood)
- Rivai,
Abdul. Dan Prawironegoro, Darsono. Manajemen
Strategis. Jakarta : Mitra Wacana Media, 2015.
Komentar
Posting Komentar